Cara Mudah Membuat Hotspot di Mikrotik dengan Winbox

November 20, 2017
Haloo Sobat!! jumpa lagi dengan blog kami, trahjaringan. Kali ini saya akan memberikan tutorial, Cara Mudah Membuat Hotspot di Mikrotik dengan Winbox. Sebelumnya saya akan memeberikan pengertian sedikit tentang Hotspot.
   Hotspot adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk mengatur koneksifitas dengan klien, yang saya maksud disini adalah menajemen siapa saja yang boleh terhubung dengan router. Karena dengan fitur hotspot, sesorang yang ingin terhubung harus memiliki akun hotspot. 
    Perlu diingat sob hotspot tidak harus menngunakan jaringan nirkabel atau wireless. Di skenario kali saya akan menggunakan hotspot melalui jaringan kabel atau ethernet, anda bisa mengganti dengan wlan saat konfigurasi interface. Sebelum melakukan konfigurasi hotpsot, anda harus memastikan DHCP Server sudah berjalan dengan baik. Bila anda lupa konfigurasinya anda bisa cek di sini

Berikut Konfigurasi Hotspot.
Masuk IP > Hotspot

Klik Hotspot Setup

Pilih interface yang akan dikonfigurasi hotspot, kemudian Next

Next, kemudian setting ip hotspot(next aja)

Setting IP Pool(next aja)

Select certificate : none, lalu next

IP SMTP server bila ada tambahkan, bila tidak ada Next aja.

Tambahkan  DNS server, bisa 8.8.8.8 atau 8.8.4.4, kemudian Next.

Tambahkan nama DNS hotspot, kemudian Next.

Hasilnya 

Selesai 

Itu tadi tutorial yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.Silakan berkomentar dan jangan lupa di share yaa hehehehe 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »