Pengertian Router Beserta Kelebihan dan Kekuranganya

October 31, 2017
Haloo sobat!! jumpa lagi di blog kami trahjaringan, kali ini saya akan memberikan pembahasan tentang router. Mungkin bagi kalian yang anak IT sudah sering melihat router, tapi apa kalian sudah tahu Apa itu Router? Oeh karna itu saya akan memberikan Pengertian, Fungsi dan  Cara Kerja Router sob. Baca dengan teliti dan pahami ya.

Apa itu Ruter?


Pengertian Router

Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama maupun berbeda. Perangkat Router bekerja di layer osi 3 atau network layer, Router  juga dapat mengirim paket dari jaringan yang kecil ke jaringan yang lebih besar atau sebaliknya. Router juga berguna untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet.
  Router terdiri dari kata utama yaitu “route”, dalam bahasa indonesia route berarti rute. Maka dapat diambil kesimpulan router juga memiliki fungsi utama untuk menentukkan, memilih dan mengolah rute paket fungsi ini dinamakan proses routing.
Proses routing terjadi pada lapisan 3 dari protokol OSI layer. Sedangkan routing di bagi menjadi 2 yaitu routing static dan routing dinamis. Untuk penjelasan routing static dan dinamis akan segera saya posting juga sob

Fungsi Router

Router memiliki fungsi utama untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih, agar terhubung dan dapat bertukar data secara baik . Dalam proses penyaluran data tadi semua harus terhubung dengan router secara baik. Selain itu router juga memliki fungsi sebagai berikut :

Membagi dan menyalurkan ip address

Router memiliki fitur dhcp server, dhcp server adalah merupakan protokol client-server yang digunakan untuk memberikan alamat IP kepada komputer client/ perangkat jaringan secara otomatis. Jadi router akan membagikkan dan menyalurkan IP address, contoh yang sederhana saja semisal anda memiliki kue bakpao 1 buah. Tapi anda memilki 4 saudara, anda ingin membagi 1 buah kue bakpao tersebut menjadi 4. Itulah konsep sederhana yang di maksud membagi IP Address

Mengatur jaringan

Di dalam perangkat router, terdapat banyak sekali fitu-fitur yang tersedia di dalamnya. Mulai dari fitur basic yaitu DHCP Server sampai fitur yang lebih expert lagi. Semakin berkualitas Router, maka semakin banyak fitur yang di tawarkan oleh perangkat router tersebut. 
  Fitur-fitur tersebut memiliki fungsi utama untuk mengatur jaringan. Router yang beredar sekarang bahkan sudah dilengkapi dengan fitur Qos, fitu Qos adalah fitur yang mengatur bandwith agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan admin jaringan.

Memfilter data yang masuk maupun yang keluar jaringan

Router juga berfungsi sebagai Pintu. Pintu memiliki makna yaitu sebagai akses masuk dan akses untuk keluar, Router disini akan menentukan apa paket tersebut bisa masuk atau tidak, dan apa paket itu boleh keluar atau tidak. Fitur ini disebut Filter

Cara Kerja Router

Cara kerja router yaitu memilih rute paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan proses routing tersebut, router akan memilih rute terbaik yang dilalui, tapi kita juga dapat memilihkan rute paket tersebut. Sebelum router mengirim paket, router akan mendata terlebih dahulu semua network yang berhubung, sehingga paket akan sampai tujuan.
 Cara kerja router ini dinamakan routing yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan data atau informasi sesuai rute perjalanan menuju host baik dari sesama network atau berbeda network.     Logikanya sederhana, jika data/informasi ditujukan pada host di network lain, maka router akan menjalankan ke network tersebut. Namun, jika data/informasi ditujukan pada host dalam satu network, maka router akan mencegah data/informasi itu keluar dari network.


Kelebihan

Kelebihan pada Router sebagai berikut :
  • menyaring proses data dan dapat membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya proses yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lainya.
  • Dapat menghubungkan jaringan computer ke jaringan yang berbeda.
  • Router dapat digunakan pada topologi jaringan apapun dan tidak peka terhadap masalah kelambatan waktu.
  • Pemilihan jalur. Router umumnya lebih cerdas daripada bridge dan dapat menentukan jalur optimal antar dua sistem.
  • Sistem tak terjangkau. pengguna routing table statik menyebabkan beberapa sistem dapat terjangkau oleh sistem lain.

Kekurangan

Kekurangan  pada Router sebagai berikut :
  • Sistem tak terjangkau. Penggunaan routing table statik menyebabkan beberapa sistem dapat terjangkau oleh sistem lain.
  • Biaya, router akan lebih banyak mengeluarkan biaya karena router akan bekerja keras, apabila banyak konfigurasi-konfigurasi yang dilakukan router. Jika router bekerja keras maka router akan lebih cepat rusak.
  • Pengalokasian alamat. Dalam internetwork yang menggunakan router, memindahkan sebuah jaringan dari LAN yang satu ke LAN yang lain berarti mengubah alamat jaringan pada sistem tersebut.

Tips Memilih atau Membeli Router

Menyesuaikan kebutuhan

Hal ini begitu penting. Jika anda hanya ingin menggunakan router untuk kebutuhan rumahan anda jangan membeli router dengan spek terlalu tinggi. Begitupun sebaliknya anda jangan membeli router dengan spek rendah untuk kebutuhan kantor atau bisnis internet.

Menyesuaikan Dana

Anda harus bisa memilih router sesuai dengan spek anda, tapi anda tidak boleh lupa budget yang anda sediakan untuk membeli router. Sesuaikanlah budget dengan barang yang akan dibeli


itu tadi informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat. Silakan tinggalkan komentar dan jangan lupa di share hehehehe

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
November 7, 2017 at 5:20 PM delete

terimakasih trahjaringan |o|

Reply
avatar
AntoSusan
AUTHOR
November 7, 2017 at 6:16 PM delete

sama-sama kak, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat

Reply
avatar
bagol69
AUTHOR
November 8, 2017 at 10:46 PM delete

good job artikel

salam

www.bagol69.com

Reply
avatar