Pengertian dari Firewall, Jenis Firewall dan Karakteristik firewall

November 24, 2017
Haloo sobat!! jumpa lagi dengan blog kami, trahjaringan. Kali ini saya akan memeberikan pengertian dari firewasll, jenis firewall dan karakteristiknya, berikut informasinya

Pengertian Firewall

Pengertian dari firewall atau dalam bahasa indonesianya tembok api adalah sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang dirancang dan digunakan untuk  memproteksi komputer dari berbagai jenis serangan yang mengancam sistem jaringan komputer entah itu dari jaringan komputer luar atau jaringan komputer yang sama. 
 Pengertian firewall yang dimaksud tersebut adalah sistem atau perangkat jaringan komputer yang memberi kebijakan pada setiap lalu lintas dalam jaringan komputer dan melakukan pemilihan mana paket yang boleh masuk dan mana paket yang tidak boleh masuk, Firewall juga akan melakukan pencegahan terhadap jaringan yang dianggap berbahaya dan merugikan pengguna. Firewall sendiri bisa berupa perangkat lunak atau software  dan perangkat keras yang dirancang khusung untuk melakukan filter paket-paket yang akan masuk dan keluar jaringan komputer. 
   Perlindungan dari firewall itu sangat diperlukan untuk komputasi perangkat seperti komputer yang terkoneksi internet, karena di internet itu beterbaran berbagai macam-macam ancaman jaringan komputer . Meningkatkan  keamanan jaringan komputer dengan menawarkan informasi rinci perihal pola-pola lalu lintas jaringan. Perangkat ini penting dan sangat diperlukan alasannya karena perangkat ini bertindak sebagai gerbang keamanan antara jaring komputer internal dan jaringan komputer eksternal.

Jenis-Jenis Firewall.

Firewall personal

Firewall jenis ini dirancang khusus untuk  memproteksi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. tembok api jenis ini akhir-akhir ini berevolusi menjadi sebuah perpaduan acara yang bertujuan untuk mengamankan komputer secara total, dengan ditambahkannya berbagai fitur pengaman tambahan semacam perangkat proteksi terhadap virus, anti-spyware, anti-spam, dan lainnya. Biasanya Firewall personal berupa perangkat lunak atau software. Dan setiap software firewall memiliki fitur yang berbeda-beda pula
Contoh dari firewall personal , sebagai berikut microsoft windows firewall, symantec norton personal firewall, kerio personal firewall, dan lain-lainnya . Firewall Personal secara garis besarnya hanya  mempunyai dua fungsi pokok,  yaitu sebagai packet filter firewall dan stateful firewall.

Firewall Network

Network firewall ini dirancang untuk  memproteksi jaringan secara menyeluruh dari aneka macam serangan . Pada umumnya dapat dijumpai dalam dua bentuk,  yaitu sebuah perangkat terdedikasi atau sebagai sebuah aplikasi yang telah ada didalam sebuah server. 
 Contoh dari Firewall jenis ini adalah Microsoft Internet Security and Acceleration Server ,Cisco Pix, Cisco Asa,dll. Network firewall pada dasarnya mempunyai beberapa fitur pokok,  yaitu dimiliki oleh Filter Firewall dan stateful fireall, Circuit level gateway, application level gateway, dan yang terakhir Nat firewall. Network firewall pada umumnya j bersifat transparan dari pengguna, sehingga pengguna tidak akan tahu bahwa mereka juga menggunakan firewall.

Fungsi Firewall

Firewall memilki beberapa fungsi dasar, yaitu
  • Memanajemen lalu lintas jaringan
  • Melakukan autentikasi terhadap paket
  • Melindungi jaringan dari berbagai serangan

Cara Kerja Firewall

Komputer memiliki banyak sekali port yang tidak dapat anda hitung jumlahnya dan port tersebut dapat diakses untuk berbagai macam keperluan.  cara kerja firewall di perangkat komputer ialah menutup port tertentu dan mengijinkan membuka port lainnya agar tetap berjalan dengan semestinya.  
  Firewall di dalam jaringan komputer sangatlah penting alasannya firewall akan bertindak terlebih dahulu untuk melakukan pencegahan terhadap paket-paket yang berbahaya agar tidak dapat masuk.
Teknologi firewall semakin hari semakin canggih. Pada beberapa waktu lalu, cara kerja firewall adalah dengan menyaring lalu lintas jaringan yang menggunakan alamat ip, nomor port, dan protokol, tapi pada era saat ini firewall juga dapat menyaring data dengan melihat isi pesan konten itu sendiri. 
    Dengan adanya firewall, maka informasi-informasi penting atau tidak layak dapat dicegah melalui interface. Apabila firewall menolak paket, maka paket tersebut langsung akan dibuang atau dihapus oleh firewall sendiri, ini dilakukan untuk mencegah paket yang merugikan masuk dalam jaringan komputer anda. Maka pastikanlah sistem keamanan jaringan anda sudah menggunakan firewall

Karakteristik Firewall

Firewall memiliki beberapa karakteristik, sebagai berikut :
  • firewall harus lebih tangguh  dan kebal terhadap berbagai serangan dari luar. Karena firewall yang pertama kali akan melakukan pertahanan jaringan. Maka dapat diartikan bahwa sistem operasi akan berjalan normal dan keamanan sistem jaringan relatif lebih aman.
  • Hanya aktivitas yang telah terdaftar dalam firewall dan dijinkan saja yang boleh melalui atau melakukan relasi. Hal ini dilakukan dengan melakukan konfigurasi policy di keamanan lokal.
  •  Semua aktivitas dalam jaringan komputer baik itu dari dalam keluar atau pun dari luar ke dalam harus melalui Firewall. Firewall adalah pintu yang mengijinkan atau tidak mengijinkan setiap paketnya.

Tipe-Tipe Firewall

Firewall memiliki beberapa tipe tipe-tipe dari firewall adalah sebagai berikut:

  • Packet-filtering Firewall

Packet Filtering adalah tipe firewall yang bekerja dengan cara mengatur semua paket  yang menuju, melewati atau pun yang akan dituju oleh paket tersebut.DI tipe ini paket akan diatur, apakah paket akan di izinkan dan diteruskan , atau di tolak dan dihapus.
  • Application Level- Gateway

Application-level Gateway  adalah firewall yang berperan sebagai proxy server dan memiliki fungsi utama untuk memperkuat menyalurkan arus paket. Pada tipe ini akan firewall akan mengatur semua hubungan yang menggunakan layer application.
  • Circuit-level Gateway
Circuit-level Gateway  merupakan firewall yang memiliki fungsi khusus yang terbentuk dari tipe application-level gateway.fungsi tersebut adalah mengizinkan melakukan koneksi langsung atau end to end.

Manfaat Firewall

  1. Menjaga setiap informasi-informasi yang begitu penting agar tidak ada pencurian data
  2. Mencegah adanya lalu lintas paket dalam jaringan yang sifatnya merugikan
  3. Memodifikasi paket dalam hal ini firewall menggunakan fitur Nat firewall

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
November 26, 2017 at 10:14 PM delete

Sangad bermanvaat maz handii =D

Reply
avatar
Admin Panduan
AUTHOR
July 2, 2020 at 8:07 AM delete

Firewall Adalah - Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Karakteristik secara umum dikenal sebagai sebuah sistem yang mengatur komunikasi antara 2 jaringan yang berbeda. Firewall ini bisa dianggap sebagai pengontrol akses keluar masuknya informasi menuju jaringan privat dari pihak luar. Semakin berkembangnya zaman, banyak perusahaan yang memakai jaringan private internet untuk melindungi aset data digital mereka dari serangan-serangan yang tidak diinginkan.

Reply
avatar