Konfigurasi Multimedia Streaming Server Debian 9 (Stretch)

April 09, 2018


Halo Sobat, berjumpa lagi dengan blog kami Trahjaringan. Pada Kesempatan ini admin akan membagikan tutorial konfigurasi Multimedia Streaming Server pada Debian 9 Stretch. Dalam kesempatan ini admin akan meggunakan aplikasi Plex. Akan tapi sebelumnya admin akan memberikan sedikit pengertian dari Multimedia Streaming Server itu sendiri.

PENGERTIAN

Multimedia Streaming Server merupakan sebuah web server atau aplikasi yang terinstal di dalam sebuah sistem operasi server yang berguna untuk menjalankan file berformat video maupun format audio secara real-time atau streaming di dalam jaringan.
Multimedia Streaming server memberikan izin  administrator untuk meletakkan berbagai file-file yang bertipe audio maupun video secara terpisah dari web server yang kita jalankan. Situs-situs yang menyediakan layanan Multimedia Streaming video atau audio menggunakan streaming server untuk menjalankan layanannya. Contoh dari beberapa situs yang menggunakan streaming server adalah Youtube, Metacafe, dan Megavideo. Sedangkan untuk aplikasi yang menggunakan streaming server seperti Plex, Subsonic, Tubidy.

Prinsip dan cara kerja Multimedia Streaming Server


Multimedia Streaming server mengerjakan pengolahan aset-aset digital yang kemudian dilakukan pengolahan sedemikian rupa, yang selanjutnya didistribusi kepada klien. Media server dapat diakses oleh semua perangkat yang berada pada jaringan terhubung dengan media server tersebut.Multimedia Steraming server ditugas menjadi media yang mengolah aset digital (DAM) yang menggunakan NAS sebagai media penyimpanan dan web server mejadi interface yang diperuntukkan untuk bertinteraksi dengan user atau klien.
Sebuah Multimedia Streaming Server dapat menunjukan pada alat komputer khusus atau perangkat lunak aplikasi khusus yang diperuntukkan untuk Multimedia Server, mulai dari perangkat kelas enterprise yang memberikan videoon demand , untuk kelas yang lebih umum, sebuah komputer kecil pribadi atau disebut NAS (Network  Attached Storage) untuk skala rumah, khususnya untuk menyimpan berbagai media digital (seperti video digital/film, audio /musik, dan file gambar).
Hal yang paling  diperlukan dalam Multimedia server adalah metode penyimpanan media dan koneksi jaringan dengan bandwidth yang cukup untuk mendukug akses ke Multimedia Streaming Server. Bergantung kepada penggunaan dan aplikasi yang dijalankan Server, Multimedia Streaming server mungkin memerlukan jumlah RAM yang cukup besar, atau dengan menggunakan multicore CPU yang kuat.
Dengan seiring meningkatnya penggunaan grafis gerak dalam lingkungan seperti Teater,Tari, Acara Perusahaan dan wisata rock telah menyebabkan perkembangan server media yang dirancang khusus untuk acara yang sifatnya live atau langsung.


Konfigurasi 

 Download Plex Media Server
Masuk kedalam folder tmp untuk menaruh file download Plex
root@trahjaringan:/tmp# cd /tmp

Download paket plex, tunggu sampai proses selesai
root@trahjaringan:/tmp#wget https://downloads.plex.tv/plex-media-server/1.8.4.4249-3497d6779/plexmediaserver_1.8.4.4249-3497d6779_amd64.deb

 Instal paket plex media server.
root@trahjaringan:/tmp# dpkg -i plexmediaserver_1.8.4.4249-3497d6779_amd64.deb

Pastikan program Plex Media Server berjalan
root@trahjaringan:/tmp# systemctl status plexmediaserver

hasilnya : 
Buka browser yang anda gunakan untuk mengkonfigurasi plex
Ketikkan IP anda seperti ini
http://IP-ANDA:32400/web/index.html

hasilnnya :

Silakan anda memberikan username dan password bebas, dan SIGN IN
Lalu klik, GO IT!
Silakan beri nama server anda, dan Next 
Klik ADD LIBRARY
Klik Next
Masukkan folder yang berisi file video maupun audio, lalu klik ADD
jika belum file video maupun auido silakan Anda upload dulu seperti dibawah ini :
Setelah selesai upload silakan cek di lagi 

Silakan anda tunggu beberapa saat, dan putar file video maupun audio yang anda inginkan.

Selesai.
Sekian tutorial yang bisa admin berikan semoga tutoral Konfigurasi Multimedia Streaming Server Debian 9 (Stretch) dapat bermanfaat bagi anda, apabila ada pertanya silakan berkomentar atau anda dapat menghubungi kontak kami, sampai jumpa dipostingan admin follow terus blog kami ,Terimakasih.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »